Sabtu, 27 Januari 2018

Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina + Gambar

Cara membedakan lovebird jantan dan betina dewasa sangatlah mudah, namun untuk membedakan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan butuh keahlian khusus.

Apakah demikian?

Jawabannya sudah jelas "Pernyataan diatas 100% Bohong, Tidak percaya? simak ulasan redaksi Lovebird Indonesia berikut ini.

cara membedakan-lovebird-jantan-dan-betina



Jenis Kelamin Lovebird


Lovebird telah lama dipelajari oleh banyak ilmuwan sejak abad ke 18 (tahun 1700 - 1800), namun para ilmuwan mengkategorikan jenis kelamin burung ini kedalam 2 kelompok yaitu :


1. Sexual Demorphic


Sexual demorphic artinya untuk membedakan lovebird jantan dan dewasa cukup dengan melihat penampakan luarnya, karena wujud jantan dan betina sangat berbeda.

Dari 9 jenis lovebird yang, hanya 3 species yang masuk dalam kategori sexualy demorphic dianataranya adalah lovebird Abyssinian, Lovebird Red Face, dan Lovebird Madagaskar.

pictures-of-male-and-female-lovebirds


2. Non Sexual Demorphic


male-vs-female-lovebird

Kelompok yang kedua yaitu Non sexual demorphic, artinya untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina "tidak bisa dilakukan dengan melihat penampilan fisiknya", karena 100% wujud lovebird jantan dan lovebird betina adalah sama, tidak ada perbedaan.

Jadiiiiiiii..... Personata, Nyasa, Fischer, dan Blackcheek yang sedang booming di indonesia jenis kelaminnya tidak dapat dibedakan secara fisik antara jantan dan betinanya.

Nhaaaah lhooooooooo..... gimana dong?

Mari kita lanjutkan topiknya dulu....tenaaaang :D



Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Umur 2 bulan sampai 1 Tahun


Bisakah kategori lovebird non sexual demorphic dibedakan jenis kelaminnya antara jantan dan betina pada usia muda?

Jawabnya bisa....... Kalau Anda mau jadi dukun !!

Dikarenakan seluruh organ lovebird belum tumbuh secara maksimal maka untuk lovebird usia muda utamanya umur 2 bulan hingga masa produksi (kisaran 7 bulan untuk greenseries dan 1 tahun untuk blueseries) jenis kelamin lobebird belum dapat dibedakan.

Para peternak lovebird menyebutnya sebagai "PREDIKSI"

Jadi ingaaaat kalau ada pedagang atau peternak yang berani mengatakan jenis kelamin lovebird di kisaran usia muda dan meyakinkan kepada Anda bahwa PASTI JANTAN atau PASTI BETINA maka sudah jelas dia PASTI DUKUN.

how-to-tell-if-your-lovebird-is-male-or-female

Hanya ada 1 cara mengetahui perbedaan lovebird jantan dan betina umur 2 bulan yaitu melalui tes DNA


Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Dewasa


Untuk lovebird dewasa karena seluruh organnya telah tumbuh secara optimal dan organ reproduksinya telah matang maka sedikit ada harapan untuk bisa membedakan jenis kelamin antara jantan dan betinanya.


Karena kejeniusan peternak' lahirlah beberapa cara dan metode untuk membedakan lovebird jantan dan betina (yang ilmuwan saja belajar dari tahun 1700 an sampai sekarang masih berkutat di non sexual demorphic) berikut ini adalah beberapa diantaranya :


Mitos Ataw Fakta?



1. Membedakan jenis kelamin Lovebird menggunakan cincin emas 



membedakan-lovebird-jantan-dan-betina-dengan-cincin-emas
Caranya ikat cincin emas atau jarum dengan benang yang panjangnya kira kira 15 - 20 cm, setelah itu tempatkan cincin emas di atas kepala Lovebird dengan jarak 3-5 cm.

Perhatikan gerakan jarum atau cincin emas yang digantung, bila cincin bergerak maju mundur, berarti Lovebird berkelamin jantan. Jika cincin bergerak memutar atau melingkar, berarti Lovebird berkelamin betina.

Mitos ataw Fakta?

Jawabannya mudah, tempatkan cincin diatas kepala kucing anda!! lihat gerakannya....silahkan dicoba sendiri pasti anda terpingkal pingkal.

Mitos Atau Fakta?

MITOS



2. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Bentuk Sayapnya


bentuk-sayap-lovebird-jantan-dan-betina

Ujung sayap Lovebird jantan biasanya menyilang sedangkan ujung sayap lovebird betina tidak saling bertemu / tidak menyilang.

Metode tersebut mitos atau fakta?

Jawabannya juga mudah, silahkan datangi tempat latber singing contest di sekitar rumah Anda.... 80% lovebird singing contest adalah lovebird betina.

Sayangnya 100% lovebird betina disana sayapnya menyilang, metode ini kurang begitu akurat dan tidak dapat diandalkan.

Mitos Atau Fakta?

MITOS



3. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Bentuk Ekornya



ekor-loebird-jantan-dan-betina

Ekor lancip berarti jantan dan ekor tumpul berarti betina, betulkan demikian?

Ekor sama halnya dengan bulu yang lain, bisa rontok dan tumbuh kembali, sehingga kondisi ekor lancip dan ekor tumpul tidak bisa dijadikan patokan.

Tingkat akurasi penggunaan metode ini kurang dari 50% atau bisa dikatakan banyak salahnya daripada benarnya.

Mitos Atau Fakta?

MITOS



4. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Bentuk Paruhnya


bentuk-paruh-lovebird-jantan-dan-betina

Lebih ilmiah dari metode pertama kedua dan ketiga, sayang tingkat akurasi metode ini tidak bisa lebih dari 70% dikarenakan banyak lovebird jantan dengan pangkal paruh lebar dan begitu pula sebaliknya karena kondisi fisiknya dalam peternakan kurang baik di masa pertumbuhan.

Akhirnya bila Anda menggunakan metode ini sebagai patokan maka ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan.

Mitos Atau Fakta?

70% Fakta 30% Mitos



5. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Cara Bertengger


male-lovebird-behavior

Analogi dari metode ini pada awalnya diperoleh dari lovebird dewasa, dan hanya berlaku untuk lovebird dewasa dengan usia pasca reproduksi (sudah pernah bertelur).

Apabila lovebird betina dewasa pernah bertelur, maka bentuk tubuh akan berubah (terjadi dalam masa bertelur) dikarenakan tulang tulang meregang menyesuaikan besarnya telur yang dikeluarkan.

Pasca bertelur pada akhirnya perubahan struktur tulang menjadi lebih lebar dalam tubuh lovebird betina menjadi permanen, dan mempengaruhi cara bertenggernya.

Oleh sebab itu Lovebird jantan dan betina cara bertenggernya berbeda, dimana jarak antar kaki pada lovebird betina lebih renggang, sedangkan jantan dewasa jarak antar kakinya lebih rapat.

Namun hambatan terjadi ketika anda dihadapkan pada sebuah kandang yang berisikan sekelompok lovebird dimana sebagian adalah betina remaja. Bagaimana membedakan jantan dewasa dengan betina yang masih remaja yang belum pernah bertelur?

Masalah lain terjadi karena tidak sedikit lovebird jantan yang karena kelainan fisik maupun sebab lain yang mengakibatkan kedua kakinya berjarak lebar.

Tentunya metode ini tidak dapat dijadikan patokan 100 % dan perlu penggunaan metode lain dalam menganalisa jenkel (jenis kelamin) lovebird.

Mitos Atau Fakta?

60% Fakta 40% Mitos



6. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Supit Urang


Supit urang atau sebutan ilmiahnya tulang pubis sama halnya dengan tulang pinggul pada manusia, bila janin keluar melalui tulang pinggul pada manusia, maka pada burung lovebird telur keluar melalui tulang pubis / supit urang.

Pada akhirnya lovebird jantan dan betina memiliki struktur tulang pubis yang berbeda karena fungsinya .

Catatan: Hanya untuk lovebird yang sudah mencapai pertumbuhan maksimal (dewasa)

Supit Urang lovebird betina :
  1. Jarak antara tulang pubis lebih lebar
  2. Struktur tulang pubis lebih lentur
Supit Urang pada lovebird jantan:
  1. Jarak antara tulang pubis lebih sempit
  2. Struktur tulang pubis lebih keras / tegang


Perbedaan ini terjadi karena struktur supit urang pada lovebird betina terbentuk dengan tujuan agar tetap dapat menyesuaikan (fleksibel) ketika burung hendak mengeluarkan telur dari organ reproduksi.

Namun demikian tidak jarang dijumpai terjadi kejadian sebaliknya dimana supit urang lovebird jantan lebih lebar dan lembek dan supit urang lovebird betina lebih sempit dan keras, oleh karenanya "gunakan metode ini" dengan catatan bahwa organ lovebird telah tumbuh secara sempurna.

Mitos Atau Fakta?

80% Fakta 20% Mitos



7. Membedakan Lovebird Jantan dan Betina berdasarkan Fisik Tubuh



different-between-male-female-love-bird

Metode terakhir yaitu melihat ukuran tubuh, namun metode ini sangat tidak disarankan untuk digunakan tanpa bimbingan senior.

Setelah mencoba metode 4, 5, dan 6 maka metode ke 7 baru dapat dipakai namun sangat membutuhkan jam terbang tinggi.

Lovebird betina cenderung bertubuh bulat dan bantat, sedangkan lovebird jantan bertubuh panjang.

Tingkat akurasi penggunaan metode ini bergantung siapa yang menggunakannya dan tentu saja metode 4, 5, 6 terlebih dulu dicoba. Untuk pemula akurasi metode ini tidak lebih dari 10% namun bagi para senior yang berpengalaman metode ini cukup ampuh digunakan namun belum mencapai akurasi 90% namun layak dicoba.



Membedakan Lovebird Jantan dan Betina dari Tingkah Laku


Setelah menggunakan tanda tanda fisik sebagai alat untuk membedakan jenis kelamin lovebird, maka agar analisa lebih akurat harus digunakan metode pengamatan tingkah laku sebagai konfirmasi.

Berikut ini adalah kecenderungan kecenderungan tingkah laku lovebird yang harus dipahami :

Lovebird Mengangguk Angguk


Lovebird mengangguk angguk adalah lovebird jantan?

Itu hanya mitos, perilaku mengangguk angguk / manggut manggut dilakukan ketika lovebird hendak menyuap pasangan maupun anaknya.

Jadi?

Jantan dan betina semuwanya manggut manggut / mengangguk anggukkan kepalanya.


Lovebird Mbebek / Mesawat / Pesawat Terbang


Lovebird yang berperilaku seperti ini adalah lovebird betina, apakah benar?

90% Faktanya memang demikian, lovebird jantan juga melakukan perilaku tersebut, namun itu hanya sebagai bentuk pancingan agar betina melakukan hal serupa.

Jadi amati intensitas perilaku tersebut, bila hanya 1 atau 2 kali dengan tempo yang relatif tidak lama maka tetap sabar dan amati sampai benar benar yakin.


Rayuan Lovebird Jantan


Lovebird jantan akan mengeluarkan bunyi tek tek tek tek sambil pura pura menggaruk garuk sayapnya dengan paruh dan cakarnya, Apakah demikian?

80 % fakta, itulah bentuk rayuan sang jantan. (kalau cuma tek tek tek tanpa garuk garuk sayap berarti bukan ya)


Perilaku Agresif / Teritorial terhadap Sarang


Lovebird yang protektif terhadap teritorial dan wilayah sarang kemungkinan adalah lovebird betina.
Apakah demikian?
90% Fakta, walau kenyataannya baik itu lovebird jantan maupun betina sama sama protektif terhadap sarang, namun lovebird betina lebih agresif.
Perilaku tersebut biasanya terjadi menjelang lovebird akan bertelur, sedang mengeram, dan sedang meloloh anakan.


Cara Paling Akurat Membedakan Lovebird Jantan Dan Betina


Bila diatas kita telah membahas indikasi indikasi berupa tanda fisik dan perilaku lovebird, namun ada 2 metode yang akurasinya mendekati 100%, mau tau cara terbaik membedakan jenis kelamin lovebird?

Lovebird Betina Bertelur!!


female-lovebird-behaviour

Lovebird betina cepat atau lambat pasti bertelur, dengan maupun tanpa kehadiran seekor lovebird jantan.

Sama seperti unggas lainnya ketika dalam organ tubuh burung lovebird telah diproduksi sel telur, maka sel telur itu pasti akan dikeluarkan dalam bentuk telur.

Banyak lovebird betina yang bertelur tanpa jantan.

Tingkat akurasi 99,99% yang bertelur hampir bisa dipastikan adalah lovebird betina (0,01% lovebird jantan bertelur)


Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Melalui Tes DNA


Metode mengetahui jenis kelamin lovebird menggunakan tes DNA sangat direkomendasikan, karena faktanya tingkat akurasi TES DNA sangat tinggi yaitu diatas 95%.

Keuntungan menggunakan metode ini adalah jenis kelamin lovebird sudah bisa dikenali walaupun masih berusia relatif muda (umur 2 bulan), sehingga perencanaan perjodohan dapat dilakukan sejak dini.

sexing-dna-lovebird

Biaya Tes DNA rata rata adalah 150.000 untuk sekali tes namun worth dan layak dilakukan.


!! Warning !!

Lovebird sama sama jantan bisa kawin
Lovebird sama sama betina pun bisa kawin
Lovebird bertelur bukan berarti pasangan tersebut jantan betina
Pasangan lovebird yang bertelur tapi tidak menetas bisa saja sama sama betina

Pasangan Lovebird yang telurnya menetas..... "itu pasti jantan betina"

!! Rekomendasi !!

Metode paling murah dan mudah untuk membedakan lovebird Jantan dan betina adalah melalui sistem koloni sehingga burung akan mencari pasangannya masing masing. Setelahnya amati perilaku dan ciri fisik setiap pasangan.

Bila ragu ragu, pisahkan dan ulangi metode ini sampai Anda benar benar yakin....atau biarkan hingga lovebird ini bersarang dan berproduksi hingga menetas.

Selamat mencoba !!!!


Writed by : SplitAviary

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses