Jumat, 23 November 2018

Lovebird Pasjo / Pastel Ijo Ciri Ciri Gambar dan Harganya

Lovebird Pasjo - Pasjo adalah singkatan dari Pastel Hijau (pastel ijo) atau dalam istilah genetika yang umum digunakan disebut dengan sebutan Pastel Green

Tidak begitu jelas runutan kapan dan dimana pastinya mutasi pastel hijau pertama kali ditemukan, namun diperkirakan muncul sekitar tahun 1935 (menurut dirk van den abeele)

Mutasi pastel hijau pertama kali berasal dari species Agapornis Personatus (lovebird perso) kemudian ditransmutasikan dan menyebar ke seluruh jenis lovebird white eyed ring (fischeri, nigrigenis, dan nyasa).


Apa itu Mutasi Pastel dalam Lovebird Pasjo?


Pastel adalah sebuah mutasi Autosomal Resesif (mutasi lemah) dimana agar muncul fenotip pastel, maka kedua pasang gen nya haruslah sama sama pastel.

Mutasi pastel dalam lovebird seri warna hijau (greenseries) memunculkan fenotip lovebird berwarna hijau kalem / hijau muda seperti crayon / daun pisang yang masih muda.

Dari tinjauan genetis mutasi pastel hijau terjadi karena pengurangan eumelanin hingga 50% (zat yang membentuk warna gelap) dibandingkan dengan lovebird warna hijau standar.


Mutasi pastel hijau merupakan mutasi yang menempati locus yang sama dengan mutasi NSL Ino (lutino & albino) dalam sebuah pasangan alel.

Secara sederhana, Dirk Van Den Abeele menyebutkan dalam bukunya "Lovebirds Compendium" bahwa mutasi pastel hijau hampir sama dengan mutasi setengah Ino.

Atau disebut juga dengan NSL Parino (Non Sex Linked Partial Ino), hal ini dikarenakan ketika kita mengawinkan kedua mutasi tersebut tidak dapat menghasilkan split pada keduanya karena gen pembentuk fenotip berada dalam locus yang sama

Contoh: Tidak ada lovebird Albino split pastel, Atau lutino split pastel ...dst, karena mereka berbagi locus dalam sebuah pasangan alel, sehingga disebut Pastelino (bukan ino split pastel, DEC Ino (Bukan ino split DEC).



Ciri Ciri Lovebird Pastel Ijo / Pasjo


Dari sedikit pengantar yang membingungkan diatas, secara sederhana ciri ciri lovebird pastel ijo adalah sebagai berikut :
  1. Bulu lovebird pasjo berwarna hijau muda (seperti daun pisang yang masih muda)
  2. Warna hijau muda pada lovebird pasjo diakibatkan oleh pengurangan kadar Eumelanin didalam tubuhnya sebesar 50%
  3. Warna sayap terbang di kisaran abu abu sangat muda hingga putih
  4. Kaki lovebird pasjo berwarna abu abu ke arah terang
  5. Kuku kaki gelap ke arah sedikit terang dibandingkan dengan lovebird hijau standar
  6. Bulu rump berwarna biru muda dengan gradasi violet pada fischeri dan dengan gradasi mauve pada personatus
  7. Melanin sebagai penanda marking harus terlihat (kelihatan marking fischer atau personatusnya) walaupun memang agak samar bila dibandingkan dengan lovebird hijau standar
7 diatas adalah ciri ciri yang harus dipenuhi oleh lovebird pastel hijau agar tetap sesuai standar beauty contest.



Pasjo Blorok


Yang patut diwaspadai bagi pemula ketika melihat burung lovebird yang membawa mutasi pastel adalah, memang ada motif blorok di tubuhnya.

Namun motif blorok tersebut berbeda dengan motif blorok dalam mutasi "Pied"

Jadi mohon berhati hati ketika membeli lovebird pasjo yang blorok tipis dengan lovebird pastel hijau yang juga membawa mutasi pied (blorok)

Untuk lebh jelas perhatikan gambar lovebird pasjo dalam sub topik dibawah ini



Gambar Lovebird Pastel Hijau


Berikut ini adalah gambar lovebird pastel hijau yang berhasil dihimpun dari media social facebook yang bisa digunakan sebagai perbandingan warna :


Lovebird Pastel Hijau Fischeri


lovebird-pasjo-fischeri

Sangat sulit mencari gambar burung lovebird pastel hijau fischeri yang bagus

Sebagai peternak, mengkoleksi semua burung lovebird standar adalah obsesi yang sulit diwujudkan, karena tidak mungkin kita menampung semua jenis mutasi, cukup fokus pada mutasi yang berprospek menurut subjektifitas masing masing.

Dari 2 gambar lovebird pastel hijau fischeri diatas, kunci dari mutasi ini adalah menyisakan melanin pada marking kepala sehingga bagian belakang kepala masih terlihat sedikit olive -> ciri khas marking Fischerinya tetap harus terlihat.

Gambar sebelah kiri memperlihatkan pastel hijau dengan kualitas fischeri lebih baik dibandingkan dengan gambar pastel hijau fischeri sebelah kanan.


Lovebird Pastel Hijau Nyasa


lovebird-pasjo-nyasa
Lovebird pastel hijau nyasa masih termasuk kedalam mutasi langka.

Breeder terbaik yang berhasil mengembangkan mutasi pastel hijau dari jenis nyasa adalah breeder dari Australia.


Lovebird Pastel Hijau Personatus


lovebird-pasjo-personata

Pastel hijau dari jenis perso memang tidak tampak indah dimata, walaupun begitu mutasi tetaplah mutasi

Pengurangan melanin pada marking kepala sebesar 50% menyebabkan topeng hitam personatus menjadi berwarna kecoklatan dengan semburat warna pudar dengan pola yang tidak jelas.



Genetika Lovebird Pasjo


Lebih lanjut terkait mutasi genetis lovebird pasjo dapat dijelaskan sebagai berikut :

Secara genetis, pastel menempati locus yang sama dengan mutasi Bronz Fallow, DEC, dan ino

Hal itu mengakibatkan terjadinya hal hal sebagai berikut :

  1. Tidak ada Albino atau Lutino yang Split Pastel
  2. Lovebird pastel split ino itu ada namun bukan begitu cara penyebutan yang benar, cara menyebutnya adalah PASTELINO (merupakan hasil perkawinan antara lovebird pastel dengan lovebird ino)..... ya sama aja dong !! berarti pastel split ino itu ndak ada...... hehehee

Untuk pembaca yang masih bisa fokus' berikut ini adalah beberapa hasil persilangan antara Pasjo dengan beberapa mutasi dasar :

Pastel Green Vs Green = 100% Green/Pastel (Garis miring dibaca split)

Pastel Green Vs Green/Pastel = 50% Pastel Green, dan 50 % Green/Pastel

Green/Pastel Vs Green/Pastel = 25% Green, 25% Pastel Green, 50% Green/Pastel

Pastel Green Vs Lutino = 100%  Pastelino

Untuk perkawinan antara pastel blue dengan burung blue series lainnya hanya tinggal ganti Green dengan Blue.



Harga Lovebid Pastel Hijau


Saat ini (per tanggal 21 November 2018) harga lovebird pastel hijau berada di kisaran Rp 80.000 untuk non kualitas, dan mulai dari 250.000 rupiah untuk lovebird pastel hijau berkualitas dengan isian singing atau mutasi.

Sebagai rujukan, dalam komunitas kami SPLIT Aviary menjual lovebird pastel hijau dengan kisaran harga 1 juta rupiah tergantung isian mutasi split didalam tubuhnya.


Bonus :

Secara fisik sangat mudah melihat perbedaan lovebird josan dan pasjo.... gambarnya nyusul



Suka topik artikel ini? Share dengan teman di Facebook !! Biar Keliatan Keren >> Share on Facebook <<


Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses