Selasa, 18 September 2018

Lovebird Parblue : Cara Mencetak Turquoise dan Parblue !!

Dalam artikel kali ini Lovebird Indonesia akan mengulas sedikit tentang Parblue dari species white eye ring (lovebird kacamata) serta Cara mencetak parblue murni yang merupakan mutasi lovebird parblue termahal "Turquoise".

Artikel ini adalah request dari salah seorang pembaca terkait dengan split PB, mungkin karena banyak terjadi tindak penipuan dalam kegiatan jual beli lovebird yang mengatas namakan split PB

Jadi kenapa tidak?  kita kupas tuntas saja sekalian !!

cara-mencetak-turquoise


Perbedaan TURQUOISE (Parblue) dengan TURQUOISE BLUE (Juga Parblue)


Familier dan sering kita lihat dalam postingan forum jual beli lovebird di facebook tentu saja adalah kalimat "Dijual PB Turquoise"

Bayangan Anda pasti burung dengan jidat oranye dan badan berwarna kehijauan, benar begitu?

Dan seperti juga artikel artikel lain yang saya tulis di lovebirdindonesia.com, sepertinya kali ini Anda salah lagi :D

Jadi ketika kita berbicara mengenai Turquoise, maka kesampingkan dulu permasalahan fenotip (penampakan Luar / tampilan). Turquoise adalah genotype "GEN" jadi tidak terlihat kasat mata.


Dasar Mutasi Parblue (Quick Introduction)


Pembentuk suatu fenotip (Wujud / Penampakan secara kasat mata) adalah Alel --> Urutan untaian Kromosom.

Dalam mengekspresikan sifat individu Gen berpasangan membentuk sepasang alel baik itu gen sejenis atau berlainan jenis -->  pada setiap individu kromosomnya berpasangan atau 2n (diploid)

Karena gen hanya bisa dilihat karakternya ketika ia mengekspresikan keluar menjadikan sifat tampak ( fenotip), maka sebenarnya sifat yang nampak pada individu adalah cerminan Gen, dan saat ini kita sedang berbicara mengenai mutasi gen Turquoise.

cara-mencetak-lovebird-parblue



Apa Itu Turquoise?


Turquoise adalah nama sebuah mutasi yang sifat penurunannya autosomal recessive.

Dalam lovebird kaca mata, mutasi turquoise menyebabkan bulu leher burung lovebird berubah menjadi berwarna kuning kunyit.

Faktor faktor genetis yang saat ini sedang dibahas adalah :
  1. Green
  2. Turquoise
  3. Blue

Mutasi Turquoise sifatnya adalah Autosomal recessive Terhadap GREEN.

Mutasi Blue sifatnya adalah Autosomal recessive Terhadap GREEN.

Mutasi Blue sifatnya adalah Autosomal recessive Terhadap Turquoise.


Dan seperti telah Anda baca sebelumnya dalam Genetika Lovebird dan Istilah Istilah Mutasi Warna Lovebird :

Tidak Ada Sifat Split to Dominan

Ada Sifat Split To Recessive
Contoh 1 :

Dalam 1 pasangan Alel, apabila gen turquoise bertemu dengan blue, maka disebut sebagai Turquoise/blue (Turquoise Split To Blue).

Turquoise Lebih dominan dari Blue, sehingga burung akan berwujud sebagai Turquoise namun dia juga menyimpan gen Blue.

Dalam kasus ini Pasangan allel tersebut disebut pasangan alel heterozigot (beda pasangan gen) --> Turquoise berpasangan dengan Blue (Atau dari sudut pandang sifat Dominan, kita dapat menyebutnya sebagai SINGLE FAKTOR TURQUOISE)


Contoh 2 :

Dalam 1 pasangan Alel, apabila gen turquoise bertemu dengan turquoise, maka kita menyebutnya sebagai Turquoise/Turquoise (Turquoise Tanpa Split).

Dalam kasus ini Pasangan allel tersebut disebut pasangan alel Homozigot (pasangan gen yang sama) yaitu Turquoise berpasangan dengan Turquoise (Atau dari sudut pandang sifat Dominan, kita dapat menyebutnya sebagai Double FAKTOR TURQUOISE)



Perbedaan Turquoise Dengan Turquoise Blue


Dari penjelasan genetis terkait mutasi turquoise diatas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Lovebird Turquoise Dengan Turquoise Blue berwujud sama, yaitu parblue ber leher kuning. Satu Satunya perbedaan antara turquoise dengan turquoise blue adalah dari sisi genetis (tidak dapat dilihat)



Cara Membedakan Turquoise dengan Turquoise Blue


Berdasarkan penjelasan diatas, maka saat ini Anda sudah mengerti bahwa PB Turquoise yang selama ini dijual di forum jual beli lovebird adalah?

Silahkan anda nilai sendiri......saya ndak mau njawab, takut jadi tenar di Facebook ..xixixixi

Lalu bagaimana cara mengenali turquoise dengan turquoise blue?

Ada 2 metode yang dapat dipakai, yaitu :
  1. Bloodline Ke Atas
  2. Bloodline Ke Bawah


Bloodline Turquoise Ke Atas


Pengertian bloodline adalah garis darah / garis keturunan ke atas (melihat orang tuanya), metode ini lebih jelas jika dijelaskan dari sudut pandang "Cara Menciptakan Turquoise" :

Untuk menciptakan Turquoise (kita sebut saja turquoise double faktor biar mudah ya) , maka kedua induknya masing masing minimal harus membawa mutasi turquoise, jadi hanya ada 3 cara :

  1. Green/Turquoise Vs Green/Turquoise
  2. Green/Turquoise VS Turquoise/Blue
  3. Turquoise/Blue VS Turquoise/Blue

Catatan: Karena gen turquoise bukan sex linked mutation, maka induk jantan maupun betina tidak menjadi masalah.


Metode 3 :

Cara Mencetak parblue Murni

Saat kita mengawinkan Turquoise/Blue dengan Turquoise/Blue, dari mana kita dapat meyakinkan diri bahwa anakan Parblue yang keluar adalah Double Faktor Turquoise?

Seandainya anakan mengambil gen Turquoise dari induk jantan dan mengambil gen Blue dari induk betina bukankah juga berwujud parblue? dan genetisnya tentu saja Turquoise/blue

Tetot.... coret, butuh pengujian lebih lanjut (bukan tidak bisa, tapi waktunya terlalu lama).


Metode 2 :

cara-mencetak-pb-turquoise

Saat kita mengawinkan Green/Turquoise dengan Turquoise/Blue, dari mana kita dapat meyakinkan diri bahwa anakan Parblue tersebut adalah Double Faktor Turquoise?

Seandainya anakan mengambil gen Turquoise dari induk jantan dan mengambil gen Blue dari induk betina bukankah juga berwujud parblue? dan genetisnya tentu saja Turquoise/blue

Tetot.... coret, butuh pengujian lebih lanjut (bukan tidak bisa, tapi waktunya terlalu lama).


Metode 1 :

cara-mencetak-parblue-turquoise

Saat kita mengawinkan Green/Turquoise dengan Green/Turquoise, maka anak Parblue yang keluar dari hasil perkawinan tersebut dijamin 100% adalah Turquoise --> Turquoise/Turquoise.

Kenapa?

Karena bila si anak mengambil turquoise dari induk jantan dan mengambil green dari induk betina, maka wujudnya pasti josan :D bukan parblue.

Jadi burung lovebird berwujud parblue dari hasil perkawinan sesama green/turquoise sesungguhnya adalah Turquoise.


Bloodline Turquoise Kebawah


Bila metode 1, 2, 3 adalah memahami penciptaan Turquoise, maka bloodline turquoise kebawah adalah cara cross check dengan cara mengawinkan kebawah.

Bagaimana caranya?

Burung lovebird dengan homozigot turquoise alel (atau dari sudut pandang dominan kita sebut sebagai Turquoise Double Faktor) atau dituliskan dengan lambang Turquoise/Turquoise.

Apabila dikawinkan dengan burung lovebird berwarna biru apapun maka anaknya 100 % berwujud parblue.

Kenapa?

Karena 1 indukan sudah pasti menyumbang gen Turquoise....

Turquoise/Turquoise VS blue apapun/ blue apapun

Bagaimana kalau seandainya burung "blue apapun" itu adalah Blue Euwing Violet Opaline? silahkan dijawab sendiri, karena itu adalah rahasia yang disembunyikan beberapa peternak besar.

Peternak besar juga manusia, ada yang baik hati dan ada yang baik saja :D



Cara Mencetak Turquoise (Parblue)


Dari ilustrasi diatas, agar tidak terjadi mis intepretasi berikut ini adalah langkah langkah mencetak turquoise :


1. Kawinkan Turquoise Blue Dengan Green.


cara-mencetak-parblue

Dengan mengawinkan Turquoise Blue dengan Green, maka secara otomatis kita akan memecah genetik Turquoise dan Blue pada gen anak F1.

Semua anak akan berwujud Green secara fenotip, namun secara genetik gen anak akan terpecah dua:  Green/Blue dan Green/turquoise



2. Cek Burung F1 (anak) Green yang Split Turquoise


Karena semua F1 berwujud green maka perlu dilakukan identifikasi, burung mana saja yang split turquoise (identifikasi perlu dilakukan karena semua F1 berwujud green)

Caranya kawinkan F1 dengan Blue (josan split tadi dikawinkan dengan kobal)

Dari hasil perkawinan tersebut apabila muncul F2 anak berwujud blue, maka otomatis indukan green tadi adalah Green/Blue, perhatikan gambar dibawah ini :

cara-menghasilkan-lovebird-parblue


Namun, bila hasil perkawinan tersebut berhasil mengeluarkan wujud parblue, maka green tersebut 100% split Turquoise, lihat gambar dibawah :

cara-menghasilkan-parblue


3. Kawinkan Green/Turquoise dengan Green/Turquoise.


Melalui perkawinan sesama Green/Turquoise lahirlah TURQUOISE DOUBLE FAKTOR atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Turquoise Murni.

mencetak-parblue-turquoise


Kesimpulan :

Bila 1 ekor Burung Lovebird berwujud Parblue dikawinkan dengan burung lovebird seri biru dan mengeluarkan anak non parblue, maka 100% si Parblue bukanlah Turquoise Double Faktor dengan kata lain dia hanyalah Turquoise Blue.

Cara tercepat mencetak Turquoise (Parblue) adalah dengan persilangan melalui perkawinan dengan burung greenseries untuk menciptakan Green/Turquoise.

Burung lovebird Blueseris tidak bisa Split Turquoise (karena Turquoise Dominan terhadap Blue), mana ada recesive split Dominan?

Hanya burung Greenseries yang bisa split turquoise (karena turquoise recessive terhadap green) Dominan bisa Split Recessive.

Split Turquoise 100% terjadi apabila kita mengawinkan Turquoise dengan Green.

Split Turquoise 50% terjadi apabila kita mengawinkan Turquoise blue dengan green, karena 50% lainnya adalah Green Split Blue (Belum Pasti Split Turquoise / atau kita menyebutnya split PB)

Burung Parblue berleher putih (bukan kuning) itu Ada.

Turquoise Double Faktor (Dilihat dari sudut pandang mutasi dominan) : istilah double faktor dalam mutasi resesif itu tidak lazim digunakan, istilah tersebut lazim digunakan dalam mutasi dominan. Walaupun technically sebenarnya adalah hal yang sama. Itulah sebabnya saya berikan tanda kurung dan keterangan. Dominan atau recessive standarnya adalah Green Wild Type (baca di artikel pembahasan sebelumnya).

Penulis : SplitAviary

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses