Minggu, 02 Desember 2018

Ciri Ciri Lovebird Biola Klep Fischeri Green Yang Baik

Pesona lovebird biola dimata kicau mania dari waktu ke waktu semakin populer saja

Bila di tahun 2017 harganya sangat tinggi, di tahun 2018 ini mayoritas peternak lovebird sudah bisa menjangkau.

Hal ini disebabkan sudah banyak peternak mengembangkan mutasi biola di tahun 2018

Saat ini harga lovebird biola betina standar berada di kisaran 2 juta rupiah sampai 4 juta rupiah, sedangkan harga biola jantan di kisaran 4 juta - 6 juta rupiah.

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas ciri ciri lovebird biola agar peternak lovebird pemula tetap berada di jalur yang benar dalam memilih materi ternaknya.

Secara umum ciri ciri lovebird biola adalah redistribusi eumelanin dan psittacin yang menyebabkan adanya pola batik pada plumage, kepala polos orange, dan ekor biola menjadi orange (lihat gambar dibawah)


Ciri Ciri Lovebird Biola Fischeri


Mutasi Biola atau Opaline akan indah pada 2 species burung lovebird Roseicollis (non klep) dan Fischeri (Klep).


Dalam species personatus keindahan biola tidak terlihat cantik, sedangkan pada liliana nyasa mutasi biola tidak dikembangkan karena berkaitan dengan istilah teknis boleh dan tidak boleh (Masih diperdebatkan)


Gambar Lovebird Biola dan Ciri Cirinya



ciri-ciri-lovebird-biola

1 Sex Linked Biola


Ciri ciri biola yang pertama adalah Sex Linked. Artinya mutasi biola terkait dengan kromosom Z yaitu kromosom yang sama yang membentuk kelamin jantan atau betina.

Lovebird Jantan kromosomnya adalah ZZ dan betina ZW, Jantan memiliki 2 gen opaline sedangkan betina hanya memiliki 1 gen opaline (kromosom W netral).

Itulah mengapa Biola jantan lebih mahal dibandingkan biola betina.


2. Plumage Batik


Ciri ciri biola kedua adalah adanya layer pada bulu sayap (plumage) yang menyebabkan sayap lovebird biola terkesan bermotif batik dibandingkan dengan lovebird non biola (lihat gambar)

Marking batik di sayap semakin memudar seiring bertambahnya usia, namun terkadang marking itu kembali setelah mengalami mabung.

Marking batik pada biola akan berubah ubah sesuai usia, sehingga terkadang perlu memperhatikan ciri ciri lain agar kita yakin bahwa seekor lovebird memang membawa mutasi biola atau Opaline.



3. Kepala Sable Pada Biola


Ciri ciri lovebird biola ketiga adalah kepalanya polos (kurang tepat bila disebut sable), karena sable artinya hybrid.

Terdapat redistribusi melanin (melanin di kepala hampir hilang) yang mengakibatkan warna marking olive di belakang kepala species fischeri menjadi polos sehingga fischerinya tidak terlihat

Namun jejak eumelanin masih terlihat di bawah telinga berupa sedikit noda gelap (lihat gambar).

Warna kepala lovebird biola yang bagus adalah orange (bukan merah), walaupun sebenarnya sama saja tetap sama sama lovebird biola.

Kenapa kok orange?

Hal itu terkait standar dari Species fischeri itu sendiri, lovebird fischeri standarnya adalah masih menyisakan warna orange dan kuning di bagian kepala.

Ketika warna fischeri terlalu merah maka marking fischeri tidak akan terlihat, disebabkan oleh red psittacin akan mendominasi bagian belakang kepala sehingga kepala akan menjadi sable sehingga marking tidak terlihat.

Disitulah latar belakang kenapa lovebird biola yang bagus tudungnya berwarna orange, karena mengikut standar species nya yaitu Lovebird Fischeri.

Lovebird biola yang berwarna merah juga tetap sama sama biola, hanya saja kurang Fischeri.... jadi Biola merah pun tetap bagus karena semua biola itu bagus wkwkwkwkwkwk



4. Ekstra Red Psittacine Menyebar


Berkurangnya sebaran eumelanin di belakang kepala diambil alih oleh yellow dan red psittacine (belakang kepala menjadi merah atau oranye)

Extra yellow psittacine juga menyebabkan bulu rump berwarna hijau polos bukan biru atau keunguan seperti fischeri standar.

Noda hitam dan sedikit kebiruan pada ekor hilang sama sekali digantikan dengan area bulu ekor yang berwarna orange dengan area sebaranlumayan besar dan bisa dilihat jelas dengan mata telanjang (perhatikan gambar)



5. Kaki Lovebird Biola Lebih Pucat


Dibandingkan green fischeri standar, lovebird biola memiliki kulit kaki lebih pucat

Hal ini juga disebabkan karena pengurangan eumelanin seperti penyebab sable di kepala dan pembentukan motif batik pada plumage.

Namun ciri ciri lovebird biola terakhir ini biasanya kurang diperhatikan karena bukan suatu hal signifikan bagi sebagian masyarakat

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses