Rabu, 19 Desember 2018

Mutasi NSL Ino atau Albinism Pada Burung Lovebird

NSL Ino adalah singkatan dari Non Sex Linked Ino, Ino sendiri adalah nama gen yang menghilangkan semua efek melanin, semua warna gelap pada kaki, mata, bulu, dan kulit hilang sama sekali akibat gen ino.

Hasil dari mutasi yang diakibatkan gen ino adalah burung lovebird yang berwarna pucat dan terang serta bermata merah.

Dalam lovebird klep ada 3 macam mutasi ino, yaitu :

  1. Green Ino kita menyebutnya dengan istilah Lutino
  2. Blue Ino kita menyebutnya Albino, dan
  3. Turquoise Ino kita menyebutnya dengan sebutan Creamino

Term and Condition : Lutino Albino dan creamino wajib bermata merah, bila matanya bukan merah maka disebut lutinem (lutino mata item) dan Albinem (Albino mata item) --> Tidak termasuk ALBINISM

Ditegaskan Sekali Lagi --> Albinism = Wajib Mata Merah

Blue NSL Ino


Mutasi NSL Ino 



Lovebird dengan mutasi NSL Ino pertama kali ditemukan di kota Adelaide Australia dalam penangkaran Mr Prendergast pada tahun 1936 dalam species Lilianae Nyasa dengan wujud Lutino.


Dari situlah kemudian mutasi NSL Ino kemudian ditransmutasikan kedalam species Fischeri, Personatus, dan Black Cheeked hingga kita dapat menikmati keindahan mutasi NSL Ino saat ini.

Ino adalah mutasi yang paling mudah dipahami dalam beternak lovebird warna karena mutasi ini memang memiliki ciri ciri yang sangat jelas dan mudah dikenali, berikut ini adalah ciri ciri mutasi NSL Ino :


Ciri NSL Ino # 1 : Mata Berwarna Merah


Ciri ciri lovebird yang membawa mutasi NSL Ino adalah mata burung lovebird Berwarna Merah, hal ini disebabkan karena mutasi Ino menghilangkan melanin (gen pewarna gelap) pada area mata. Hasilnya adalah lovebird dengan mata berwarna merah.

Namun dalam beberapa kasus warna mata tidak 100% merah, hanya bagian pupil yang berwarna merah sedangkan bagian iris (lingkaran tepi mata) tetap berwarna hitam.

Dalam kondisi diatas mutasi tersebut tetap disebut sebagai bagian mutasi NSL Ino, para breeder dan akademisi menyebutnya "In perfect Albinism" atau albino yang tidak sempurna.


Ciri NSL Ino # 2 : Bulu Berwarna Pucat Kuning / Putih


Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam burung lovebird terdapat 2 jenis mutasi NSL Ino, yaitu Albino dan Lutino

Bulu burung lovebird yang membawa mutasi NSL Ino akan berubah menjadi polos karena kehilangan unsur warna gelap yang diakibatkan oleh melanin.

Bila burung berwarna Hijau akan berubah menjadi kuning pucat, sedangkan bila lovebird berasal dari golongan blue series maka bulunya akan berubah menjadi putih bersih tanpa noda gelap.


Ciri NSL Ino # 3 : Kulit dan Kaki berwarna Pucat


Karena pengaruh albinism pula akhirnya warna kulit dan kaki menjadi pucat sehingga tampak seperti berwarna Pink.

Dalam beberapa kasus albinism burung lovebird terkadang tidak berkaki pucat namun kakinya tetap normal berwarna abu abu, hal ini juga disebut sebagai in perfect Albinism dan masih termasuk ke dalam golongan mutasi NSL Ino.


Ciri NSL Ino # 4 : Memiliki Klep Di Mata


Ciri ciri mutasi ino yang ke empat adalah lovebird wajib memiliki klep di matanya

Mutasi NSL Ino hanya ada pada lovebird klep, untuk lovebird non klep sifat mutasi ino nya adalah SL (Sex Linked)


Ciri NSL Ino # 5 : Bersifat Resesif


Mutasi NSL Ino bersifat inherit autosomal recessif atau kita artikan sebagai mutasi yang selalu kalah bila dibandingkan dengan mutasi hijau (hijau adalah sebagai standar penyebutan resesif dan dominan).

Secara harfiah artinya apabila kita mengawinkan antara lovebird lutino dengan lovebird Hijau Standar yang tidak membawa mutasi lain maka 100% anakannya akan berwujud hijau standar, namun dalam tubuhnya membawa split gen Ino

Demikian juga bila kita mengawinkan antara lovebird Albino dengan lovebird biru kobal yang tidak membawa mutasi lain, maka 100% anakannya akan berwujud biru kobal dan tentunya membawa Split mutasi Ino.

Sifat Ino ini akan selalu kalah dan tidak langsung tampak dalam anaknnya.



Cara Mencetak Lovebird Albino dan Lutino



Karena harga lovebird albino dan lutino cenderung lebih stabil bila dibandingkan dengan mutasi mutasi lain yang mudah dikembang biakkan, banyak peternak yang menanyakan topik cara breeding NSL Ino.

Berikut ini adalah tips dan trik yang harus dilakukan agar sukses mencetak lovebird Albino dan Lutino :


Cara Cetak Lutino, Albino, dan Creamino #1 : Larangan


Jangan pernah mengawinkan Albino vs Albino, Lutino Vs Albino, atau Lutino Vs Lutino

Kenapa?

Tetasan Albino vs Albino dan Lutino vs Lutino akan terlalu lemah untuk dapat bertahan hidup hingga mencapai usia dewasa

Pernyataan diatas telah dibuktikan secara berkelanjutan oleh para peternak di dunia, bila Anda memiliki opini yang berbeda terkait tips yang pertama silahkan buktikan dengan memiliki 10 pasang Albino Vs Albino, dan mari kita lihat hasilnya.

Bila di kemudian hari dari 10 pasangan sesama ino tersebut Anda bisa membuktikan anakan setiap pasangan bisa bertahan 3 ekor sampai usia dewasa maka 5 Jempol Untuk Anda (4 jempol dari saya, dan 1 jempol dari Dirk Van Den Abeele)


Cara Cetak Lutino. Albino, dan Creamino #2 : Wajib Melalui Split


Cara terbaik mencetak lovebird lutino dan albino adalah dengan terlebih dahulu mencetak Split untuk dijadikan indukan Betina sehingga anakan akan lebih kuat dan bisa bertahan hidup sampai dewasa sehingga formulanya akan menjadi  :

Lutino (Jantan) VS Green Split Ino

atau

Albino (Jantan) VS Blue Split Ino

Sebenarnya tidak menjadi masalah apapun jenis kelamin burung lovebird yang membawa mutasi Ino karena dalam hal ini nama mutasinya adalah Non Sex Linked (Tidak ada kaitannya dengan jenis kelamin)

Namun karena produksi telur antara lutino dan josan lebih cenderung banyak josan maka kami anjurkan agar betinanya jangan lutino agar telurnya lebih banyak, hanya sebatas itu.

Lalu bagaimana cara mencetak Split Ino?

Karena mutasi ino sifatnya resesif maka ketika kita mengawinkan antara Josan dengan Lutino 100% Anaknya adalah Green Split Ino (Josan yang bawa mutasi Ino)

Demikian juga ketika kita mengawinkan lovebird blue series dengan lovebird albino maka 100 % anaknya adalah blueseries Split Ino

Dari lovebird split itulah kemudian kita bisa memunculkan kembali mutasi Ino dalam jumlah masal dan lebih banyak.

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses