Senin, 01 Juli 2019

Perbedaan Lovebird Paruh Merah vs Lovebird Paruh Putih

Selamat datang di situs penghobi burung lovebird nomer 1 di Indonesia, saat anda membuka halaman ini itu artinya Anda adalah seorang pemula yang baru mulai terjun di bidang budidaya burung lovebird, selamat belajar !!

Kali ini tim Lovebird Indonesia akan membahas secara lengkap perbedaan lovebird paruh merah dan paruh putih dalam dunia lovebird warna (pemain warna) maupun lovebird singing (pemain kekekan).

Kita telah mengenal bahwa burung lovebird terbagi atas 9 species (bisa Anda baca di: jenis jenis burung lovebird), dari 9 species tersebut secara garis besar terbagi atas 2 mutasi yaitu :

  1. Lovebird Paruh Merah (Green Series) burung lovebird yang membawa psittacin, dan
  2. Lovebird Paruh Putih (Blue Series) burung lovebird tanpa psittacin

Sedikit lebih jauh tentang psittacin bisa dibaca terlebih dahulu pada halaman dasar mutasi lovebird



Lovebird Paruh Merah




Ciri utama burung lovebird paruh merah adalah paruhnya berwarna merah, hal ini akibat adanya kandungan psittacin yang tertulis dalam kode genetika burung lovebird tersebut.

Psittacin bertanggung jawab terhadap warna merah, kuning, hijau, dan kombinasi antara ketiga warna tersebut. Psittacin mempengaruhi warna paruh dan warna bulu.

Itu artinya semua burung berparuh merah dan memiliki bulu berwarna Merah, Kuning, Hijau atau kombinasi warna tersebut disebut sebagai burung lovebird paruh merah.

Dalam istilah internasional dan genetika, burung paruh merah disebut dengan sebutan Lovebird Green Series (Burung seri warna hijau dan kombinasinya).

Ingat !! burung blorok berwarna hijau disebut dengan sebutan Pied Green bukan Green Series !! Green Series ya semua burung paruh merah.



Lovebird Paruh Putih


Bila lovebird paruh merah paruhnya berwarna merah, maka lovebird paruh putih adalah burung lovebird yang warna paruhnya tidak merah, sebutan paruh putih sebenarnya tidak cocok sehingga kami melakukan redefinisi

Lovebird Paruh Putih adalah burung lovebird yang warna paruhnya tidak merah

Kenapa demikian? karena apabila kita hanya melihat dari warna paruh maka masih ada 1 jenis lovebird lagi, yaitu lovebird paruh oranye (parblue) bisa dibaca lebih lanjut di ciri ciri lovebird parblue.

Kembali ke topic lovebird paruh putih, Warna paruh yang tidak merah tersebut disebabkan karena pada untaian genetikanya burung lovebird tersebut sudah tidak memiliki psittacin (pembentuk warna merah, kuning, hijau dan kombinasinya).

Itu artinya bahwa burung lovebird paruh putih selain warna paruh yang tidak merah, ciri utama lainnya adalah bulunya tidak berwarna merah, kuning, dan hijau.

Warna bulu lovebird paruh merah adalah putih, biru, dan hitam

Burung lovebird paruh merah disebut dengan istilah Blue series (Seri burung berwarna biru) berlaku secara umum di seluruh dunia.

Ingat blue series bukan lah burung blorok berwarna biru, blorok biru disebut dengan istilah Pied Blue !!



Lovebird Paruh Merah vs Paruh Putih Bahan Ngekek


Bagi pemain kicau burung lovebird, terkadang ada asumsi asumsi bahwa lovebird paruh merah cenderung ngekeknya lebih panjang dan lebih fighter dibandingkan dengan lovebird paruh putih.

Pendapat tersebut mungkin dilatar belakangi karena harga lovebird paruh merah cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga lovebird paruh putih, sehingga apabila burung lovebird diberikan perlakuan tertentu (diberi obat / jamu ngekek dd) dan kemudian terjadi suatu hal yang tidak diinginkan (kematian burung gaco misalnya) maka kerugian yang ditanggung oleh pemilik burung tidak terlalu signifikan.

Itulah sebabnya banyak pemain kicau burung lovebird yang menggunakan gacoan lovebird dari jenis burung lovebird paruh merah.

Secara nalar! burung paruh merah dan paruh putih sebenarnya sama saja dalam hal ngekek panjang maupun ketahanan dan agresivitas.

Bila kita analogikan dengan kehidupan manusia sebagai makhluk hidup, mau jawa sunda cina amerika afrika arab kalau sudah dasarnya cerewet ya pasti cerewet aja tidak peduli sukunya.

Namun demikian cerewet dan kecepatan berbicara tetap bisa dilatih seperti halnya penyanyi rap snoop dogg dari kulit hitam dan eminem dari kulit putih.

Jadi pada dasarnya mau paruh merah maupun paruh putih menu latihan yang baik dan ketekunan pemilik burung lah yang sebenarnya berperan besar dalam kesuksesan pemain lovebird kicau.



Gambar Perbedaan Lovebird Paruh Merah VS Paruh Putih


Secara wujud dan penampilan, perbedaan utama pada lovebird paruh merah dan paruh putih adalah dari paruhnya, namun secara genetika perbedaan antara keduanya disebabkan oleh psittacin.

Berikut ini adalah contoh gambar yang menunjukkan perbedaan antara lovebird paruh merah vs paruh putih dalam mutasi yang sama :


Paruh Merah vs Paruh Putih - Green dan Blue



standar-paruh-merah

Josan FC merupakan versi standar dari lovebird paruh merah dimana burung lovebird tersebut tidak membawa mutasi tambahan atau mutasi lain, nama genetikanya adalah Green


standar-paruh-putih

Kobal FC merupakan versi standar dari lovebird paruh putih, sebutan genetikanya adalah Blue. Warna biru muncul ketika burung lovebird standar hijau (Josan FC) kehilangan psittacine



Paruh Merah vs Paruh Putih - D Green dan D Blue



dark-green-paruh-merah

dark-paruh-putih

Lovebird Biru mangsi atau nama genetikanya biasa kita sebut D Blue (Dark Blue) sebenarnya adalah lovebird Dark Green yang kehilangan psittacin



Paruh Merah vs Paruh Putih - DD Green dan DD Blue


batman-paruh-merah

olive-paruh-putih

DD Blue (Dark Dark Blue / Double Dark Blue) atau kita biasa menyebutnya dengan sebutan lovebird Batman sebenarnya adalah lovebird Olive yang kehilangan psittacin.



Paruh Merah vs Paruh Putih - Pastel Green dan Pastel Blue


pasjo-paruh-merah

pastel-parput

Pasbir / pastel biru sebenarnya adalah burung lovebird pastel hijau yang kehilangan psittacin.



Paruh Merah vs Paruh Putih - NSL Ino dan Blue NSL Ino


ino-parmer

albino-paruh-putih

Nsl Ino atau Green Nsl Ino (green boleh tidak ditulis) atau sehari hari kita menyebutnya dengan sebutan lovebird lutino adalah versi paruh merah dari lovebird albino, atau sebaliknya Blue NSL Ino adalah versi paruh putih dari lovebird lutino.



Paruh Merah vs Paruh Putih - Euwing Green dan Euwing Blue






Gambar diatas adalah versi paruh merah dan paruh putih dari lovebird euwing standar (euwing blue dan euwing green)

Kesimpulan :

Dari contoh gambar lovebird paruh merah dan paruh putih diatas' terjadinya perbedaan fenotip (penampakan / wujud) disebabkan oleh psittaacin. Lovebird paruh putih adalah lovebird paruh merah yang kehilangan psittacin.

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses