Senin, 15 Oktober 2018

Harga Lovebird Turun KLBI Buat Standar Harga lovebird, Efeknya?

Harga lovebird turun drastis di semester kedua tahun 2018, banyak peternak, pedagang dan pelaku bisnis burung tropis ini yang mengeluh.

Harga terendah saat ini adalah untuk lovebird jenis josan yang berada di kisaran 70.000 untuk setoran paud usia 3 bulan, untuk josan dewasa harganya berada di kisaran 150.000

Terlalu banyak peternak mengeluhkan harga lovebird yang begitu rendah, tentunya opini tersebut bukan tanpa sebab.

Modal yang dikeluarkan untuk membeli indukan lovebird beserta perawatan yang dilakukan selama beberapa bulan dirasa masih rugi bila dibandingkan dengan nilai jual burung lovebird anakan.

Namun taukah anda?

Yang Anda Lihat Tidak Seperti Yang Terlihat

Yang Anda lihat sebenarnya tidak seperti yang terlihat, dan orang yang bisa melihatnya pun sudah melakukan tindakan antisipatif yang dibutuhkan.

Pingin Tau?


KLBI Menetapkan Harga Lovebird Minimum


harga-lovebird-minimal-KLBI

KLBI menetapkan standar harga untuk sekitar 89 jenis mutasi lovebird.

Dengan mengambil peran sebagai penstandar harga, maka KLBI menempatkan dirinya sebagai Bank Central di dunia Lovebird Indonesia.

Bank Central adalah tempat semua kebijakan moneter terkait kestabilan nilai tukar diambil (dalam hal ini harga burung lovebird).

Namun apakah dengan menetapkan sebuah harga standar maka harga burung lovebird tidak akan turun? apakah harga lovebird akan stabil kembali?

Belajar pengalaman dari BI (Bank Central dari mata uang rupiah), teramat banyak faktor dan hal hal yang menentukan sebuah nilai tukar dari mata uang.

Kita ambil contoh sederhana adalah nilai tukar stock mata uang rupiah
saat orang di dunia membutuhkan rupiah karena ketersediaannya yang sedikit, maka nilai tukar rupiah akan naik terhadap dollar.

Begitupun sebaliknya, saat uang beredar terlalu banyak di pasaran maka nilai tukarnya akan menurun terhadap dollar.

Disitulah kebijakan moneter berupa pengurangan atau penambahan mata uang yang beredar di masyarakat dapat menstabilkan harga rupiah, BI akan menarik rupiah dari masyarakat.


Dalam dunia lovebird apakah terdapat suatu organisasi pengendali populasi? yang bisa menarik stock berlimpah di pasaran? yang bisa menambah burung beredar di pasaran ketika dibutuhkan?

Sayangnya tidak ada, artinya harga lovebird akan menstabilkan dirinya sendiri. Campur tangan dalam pengendalian harga hanya akan menjadi serangan balik, pasar akan panik, dan akan tertanam di benak masyarakat bahwa harga lovebird turun.

Semakin dibahas maka akan semakin runyam...... harga lovebird tinggi maupun rendah serahkan saja pada pasar.

Kecuali kita dapat menjual burung lovebird keluar negeri untuk mengurangi stok yang beredar di masyarakat maka stabilitas harga tetap tinggi tidak akan terjaga.



KLI Banyak Menggelar Event Beauty Contest dan Singing Contest


jadwal-contest-kli

KLI (Komunitas Lovebird Indonesia) adalah komunitas lovebird terbesar di Indonesia, komunitas inilah yang sejak dahulu sampai sekarang tetap exist pada dunia edukasi mutasi warna dan genetika lovebird.

Saat harga lovebird sedang gojang ganjing mencari titik kestabilan harga (bukan turun teman teman KLI menyebutnya), KLI sepertinya tampak cuek dan tetap fokus dengan contestnya.

Namun taukah Anda bahwa itu adalah cara paling cerdas untuk tetap menjaga harga lovebird tetap tinggi?

Mari kita cermati dengan seksama :

Contest lovebird baik itu singing maupun beauty adalah sarana edukasi sekaligus memperkenalkan lovebird kepada masyarakat.

Contest tersebut bisa jadi menarik penghobi baru untuk masuk ke dalam dunia lovebird (artinya ada permintaan baru).

Dari edukasi inilah nantinya akan lahir produk produk burung lovebird yang berkualitas, karena kualitasnya baik maka tidak mungkin dinilai dengan nominal yang rendah / murah, harganya pasti mahal.

Belum lagi bila dilihat dari perputaran ekonomi pada saat event KLI berlangsung. Dalam 1 kali event, uang beredar dalam event tersebut biasanya tidak kurang dari ratusan juta bahkan sampai miliaran rupiah.

Untuk acara penghobi burung yang diselenggarakan dalam satu atau dua hari maka event KLI adalah pasar yang efektif.

Jadi jangan anggap enteng usaha edukasi yang diselenggarakan oleh KLI, kita harus memberikan apresiasi atas apa yang telah KLI lakukan.



Pasar Lovebird Luar Negeri


Stop meng impor burung lovebird dari luar negeri !!!

Entah alasannya qualitas atau apapun, tolong hentikan !!! Stop !!!

Dengan ilmu genetika yang Anda miliki, Jaringan yang telah Anda bangun, tidak bisakah Anda mencetak mutasi berqualitas dengan bahan dari dalam negeri?

Saat ini waktunya mencari pasar di luar negeri untuk menjual stock yang berlimpah, bukan waktunya menambah jumlah stock didalam negeri.

Apakah Anda merasa hebat dengan memiliki burung berqualitas yang anda beli dari peternak ternama di luar negeri?

Tidak semua yang mahal dan berasal dari luar negeri itu berqualitas, banyak produk murah dari dalam negeri yang qualitasnya mumpuni.

Mari kita bersama sama membuka pasar expor di luar negeri, Australia bisa menjadi tujuan ideal karena banyaknya masyarakat Indonesia yang tinggal disana. Negara negara amerika latin sepertinya juga prospek yang ideal untuk meng expor mimpi.

Mari membantu diri kita sendiri !!!



Menghadapi Harga Lovebird Turun


KLBI sudah melakukan apa yang dianggap penting dan harus dilakukan dalam rangka menstabilkan harga lovebird yang terjerembab, KLI pun telah melakukan apa yang dianggap perlu untuk dilakukan, Lalu apa yang Anda lakukan?

Tidak ada !!! cuma sibuk berstatus harga lovebird murah' harga lovebird turun' dan seribu satu sifat pesimis yang ditularkan kepada peternak peternak lain.

Terus terang hal itu justru sangat tidak membantu.

Mari kita ambil bagian dalam menaikkan harga lovebird, dimulai dari hal kecil yang mungkin bagi sebagian orang tidak berarti.

Mari kita cintai lovebird sebagai HOBBY bukan dalam rangka Money Game, InsyaAllah semua akan indah pada waktunya

Untuk hobbiest pendatang baru, ini adalah waktu yang tepat untuk belanja, saat ini banyak burung lovebird berqualitas yang dijual dengan harga rendah.

Semakin banyak hobbiest baru berbelanja maka harga akan merangkak naik kembali :D

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses