Jumat, 12 Oktober 2018

Sangkar Perjodohan / Sangkar Sekat Untuk Lovebird

Sangkar sekat atau sangkar perjodohan lovebird fungsinya adalah memudahkan peternak dalam menjodohkan burung lovebird, menjodohkan lovebird itu mudah.... asal tau caranya :D

Kenapa menggunakan sangakar sekat untuk menjodohkan lovebird? kenapa tidak menggunakan sistem koloni saja?


Menjodohkan Lovebird Sistem Kandang Koloni


perjodohan-koloni

Menjodohkan lovebird paling cepat dan mudah adalah dengan sistem perjodohan koloni, hanya saja sistem ini memiliki beberapa kelemahan :

  1. Pasangan tidak sesuai dengan kriteria mutasi yang kita inginkan
  2. Kemungkinan terjadi tukar pasangan
  3. Sulit melakukan pengamatan
Sebagai peternak lovebird beauty, pemilihan pasangan lovebird harus sesuai dengan kriteria dan pakem penurunan mutasi lovebird.

Hal itu sulit dikendalikan apabila kita menggunakan sistem perjodohan koloni kecuali kita menempatkan burung dengan mutasi yang sama dalam satu kandang koloni.


Didalam kandang koloni kita kesulitan dalam melakukan pengamatan secara detail dikarenakan banyaknya jumlah burung didalam kandang, dan sayangnya beberapa lovebird memiliki ciri fisik yang hampir sama.

Seringkali kita salah dalam melihat pasangan, burung lovebird bisa saja jodoh antara sesama jantan maupun sesama betina, dan seringnya kita beranggapan bahwa burung yang saling berdekatan, bermain bersama, saling suap dll sebagai pasangan yang siap produksi.

Cara terbaik melihat suatu perjodohan di dalam kandang koloni sudah berhasil atau belum adalah setelah burung lovebird memproduksi anakan, dan hal itu tentu saja memakan waktu yang tidak sebentar (bisa berbulan bulan).



Sangkar Perjodohan Lovebird


Sangkar perjodohan lovebird didesain dengan sekat sangkar berada di tengah untuk memisahkan lovebird jantan dengan betinanya namun kedua burung tersebut masih bisa berinteraksi dengan baik.

sangkar-sekat-lovebird

sangkar-jodohan-lovebird

Di pasaran, harga sangkar jodohan buatan pabrik dipatok dengan harga antara 200.000 - 250.000 rupiah, sedikit lebih mahal dari harga kandang baterai / sangkar kotak.

Bila Anda termasuk orang yang kreatif dan memiliki sedikit waktu luang, sangkar sekat bisa dibuat sendiri sesuai selera. Tentunya bisa sedikit menghemat biaya.

desain-sangkar-jodohan-sekat-lovebird

Dalam skala peternakan dengan orientasi bisnis, kebutuhan akan sangkar sekat untuk perjodohan burung lovebird merupakan sebuah prioritas. Namun bagi penghobi yang hanya sekedarnya saja, maka kebutuhan sangkar jodohan lovebird dengan sekat di tengah merupakan hal yang tidak begitu penting.

Modifikasi perjodohan menggunakan sumber daya (kandang yang ada) bisa menjadi alternatif, menggunakan sangkar kapsul misalnya.

kandang-perjodohan-lovebird

Pada akhirnya semua kembali kepada masing masing peternak, mau menjodohkan burung lovebird dengan sangkar sekat atau dengan sangkar kapsul.

Good Luck

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses