Rabu, 17 Oktober 2018

Lovebird Violet - Cara Mencetak & Ciri Lovebird Violet DF/SF

Lovebird violet adalah burung lovebird yang membawa violet faktor pada mutasi bulunya, ada 2 jenis lovebird violet yaitu Violet SF (single Faktor) dan Violet DF (Double Faktor).

Apa sebenarnya warna violet, dan apa bedanya dengan ungu?

Warna ungu dan warna violet dalam kombinasi umum dapat dilihat seperti warna gambar dibawah ini :

warna-lovebird-violet

Secara harfiah, dalam kombinasi mixing urutan warna (collor pallet) warna ungu dan warna violet berada diantara warna merah dan biru, perbedaan warna violet dengan ungu adalah : Ungu lebih ke arah merah, sedangkan violet lebih ke arah biru.

Tinjauan warna tersebut bukan dari sudut pandang warna lovebird, Clear ya !! violet bisa saja lebih ke arah biru daripada ungu.

Lovebird Violet bisa saja tidak se ungu terong, namun banyak juga burung lovebird violet yang nampak seperti D Blue, tapi tentu saja "lebih ungu lebih bagus" :D




Ciri Ciri Lovebird Violet


gambar-ciri-ciri-lovebird-violet

Sebelumnya telah kita bahas asal dan definisi dari warna violet secara umum, dalam dunia lovebird kita mengenal istilah lovebird violet (lebih tepatnya lovebird yang membawa violet faktor).

Faktor adalah sebuah elemen yang berkontribusi terhadap sebuah visual seekor lovebird, sifat dari faktor adalah menempel dan selalu terlihat secara kasat mata (tidak ada split violet faktor).

Ciri Ciri Lovebird Violet adalah sebagai berikut :
  1. Bulu dada dan perutnya harus berwarna violet dan / ungu
  2. Bulu sayap bagian dalamnya (bila dibuka) juga berwarana violet dan / ungu
  3. Warna violet dan / ungu selalu terlihat dengan mata telanjang (kalau tidak terlihat berarti bukan violet)
  4. Tidak ada split violet
  5. Dalam burung lovebird warna hijau, violet faktor terlihat di bagian sayap dalamnya (sayap luar biasanya berwujud seperti dark green gelap)
Bila seekor burung lovebird tidak memenuhi salah satu dari ciri ciri mutasi violet diatas, maka sudah bisa dipastikan bahwa burung tersebut bukan lovebird violet (lovebird yang membawa violet faktor)

Ciri ciri lain seperti bentuk kepala, warna kaki, warna kuku, warna paruh, dan warna mata mengikut pada ciri ciri species masing masing.



Lovebird Violet Fischeri / Violet FC


gambar-lovebird-violet-fischeri

Diatas adalah lovebird violet fischeri, ciri ciri fischerinya sama dengan lovebird fischeri lain yaitu bagian belakang kepala gelap, wajah putih, kaki abu abu, kuku abu abu gelap, mata hitam legam, dll yang selengkapnya dapat dibaca di : ciri ciri lovebird fischeri.

Violet faktor dalam lovebird fischeri diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Pada gambar sebelah kiri warna ungu dan atau violet terlihat sangat jelas yang meliputi bagian sayap punggung dan juga dada dan perut.

Untuk gambar di sebelah kanan warna violet dan / ungu hanya terlihat di bagian dada dan perut saja namun bulu punggung dan sayap bagian belakang hanya tampak biru.

Dalam kasus gambar lovebird violet sebelah kanan, seandainya kita melihat secara langsung maka bisa dipastikan bahwa bagian sayap sebelah dalam juga pasti berwarna ungu, dan tentunya dari sisi yang berbeda (bila kita taruh dibawah sinar matahari) warna violet akan terlihat jelas meliputi seluruh bagian tubuh burung lovebird tersebut.

Kenapa kok sinar matahari dibawa bawa?

Ingat kata kata ini? "Jangan lama lama berada dibawah sinar matahari diatas pukul 09.00, nanti wajahnya kusam terpancar ultra violet"

Sinar matahari memancarkan ultra violet, namun tentu saja tidak bisa dilihat secara kasat mata karena spektrumnya tidak berada dalam jangkauan mata manusia, namun ketika sinar tersebut mengenai sebuah media yang mengandung warna violet.... warna violet akan semakin kentara dan tampak jelas.

Namun bukan hanya dengan sinar matahari, sinar lampu maupun senter sebenarnya sudah cukup memperlihatkan violet faktor asal dilihat langsung (bukan via google).



Lovebird Violet Personata / Vio Perso


gambar-lovebird-vio-personata

Beberapa penghoby lebih menyukai species lovebird personata / perso daripada Fischeri, karena selera dan tantangan yang mampu dihadapi setiap peternak berbeda beda.

Ciri ciri personata dalam lovebird violet diatas tampak jelas, Kepala hitam legam seperti mengenakan helmet, mata hitam legam, dll yang selengkapnya bisa dibaca dalam artikel ciri ciri lovebird personata.

Ciri ciri violet faktornya pun sama seperti telah dijelaskan sebalumnya yaitu :
  1. Bulu dada dan perutnya harus berwarna violet dan / ungu
  2. Bulu sayap bagian dalamnya (bila dibuka) juga berwarana violet dan / ungu
  3. Warna violet dan / ungu selalu terlihat dengan mata telanjang (kalau tidak terlihat berarti bukan violet)
  4. Tidak ada split violet
  5. Dalam burung lovebird warna hijau, violet faktor terlihat di bagian sayap dalamnya (sayap luar biasanya berwujud seperti dark green gelap)
Harga seekor lovebird violet personata saat ini berada pada kisaran 800.000 keatas tergantung qualitas, kelamin, prestasi dan kebutuhan pasar.

Catatan: Lovebird vio perso mudah ditangkarkan, namun sangat sulit mencetak perso yang berkualitas (lebih sulit dibandingkan mencetak violet fischeri berkualitas).



Lovebird Green Violet


lovebird-dark-green-violet

Seperti telah dijelaskan diatas, bahwasannya tidak ada lovebird split violet, dikarenakan faktor violet selalu visible (kecuali pada DEC, Pastel, Ino dan Double Dark).

Pada burung lovebird paruh merah, violet faktor dapat dilihat secara jelas dengan cara membuka bagian sayap sebelah dalam.

Dari penampilan luar, dikarenakan warna hijau tertempel dengan warna ungu / violet maka burung akan terlihat seperti Dark Green dengan warna agak pekat dan terlihat kontras "rada aneh" secara umum.

Umumnya memang bervisual dark green namun tidak menutup kemungkinan behwa penampilan luarnya biasa bias saja, tidak ada yang aneh dan terlihat sama saja dengan burung lovebird pada umumya contohnya pada pastel green, pied green, dll. namun ketika dibuka sayap bagian dalamnya berwarna ungu.

Jadi Lovebird Violet berwarna hijau itu ada ya, mutasi violet bukan hanya milik lovebird paruh putih !!  Ingat!!



Lovebird Vio Hybrid


gambar-lovebird-vio-cemong

Inilah lovebird hasil perkawinan haram. Hybrid adalah anakan dari hasil perkawinan induk yang berbeda species.

Pada contoh diatas, ciri ciri fischeri dan personata tidak terlihat jelas, bagian wajah dan belakang kepala tampak belepotan kotor dan kumal.

Kami sarankan untuk lovebird violet seperti gambar diatas agar tidak dikembang biakkan dalam jangka waktu yang lama, disamping harganya murah peminatnya juga hampir tidak ada karena saat ini masyarakat telah ter edukasi (tau mana lovebird bagus dan tidak).

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki lovebird dengan ciri ciri seperti diatas ya mau bagaimana lagi, hanya ada 2 opsi :
  1. Jual Induk
  2. Pelihara induk tapi jangan mengharap untuk bisa menjual anakan dengan harga tinggi. (jual anakan selakunya aja ndak usah pakai ngeyel sampe keluar otot otot leher) Asal cukup buat beli pakan itu lebih dari sekedar memuaskan.




Lovebird Violet Kepala Elang


gambar-lovebird-violet-kepala-elang

Lovebird violet kepala elang bentuknya seperti gambar diatas, Kepalanya putih polos seperti kepala burung elang (itulah sebabnya diberi nama lovebird kepala elang).

Dalam istilah internasional burung lovebird kepala elang disebut dengan istilah sable head (bahasa international berlaku umum "bukan bahasa mutasi").

Lovebird violet kepala elang dapat berarti 4 :
  1. Bisa jadi itu lovebird hybrid 70%
  2. Bisa jadi itu adalah lovebird fischeri atau nyasa 30%
  3. Bisa jadi itu adalah mutasi pied / blorok, mayoritas lovebird pied berkepala elang.
  4. Opaline atau biola.
Lovebird violet kepala elang harus dihindari apabila keperluannya adalah untuk ternak burung lovebird, bila hanya digunakan sebatas penghias rumah atau singing contest itu tidak mengapa.

Kenapa?

Apabila kriteria nomer 3 atau nomer 4 tidak terpenuhi maka kemungkinan lovebird tersebut dari jenis hybrid 70%.

Memang ada mutasi fischeri dan nyasa kepala elang, namun kemungkinannya kecil 30%. Lebih baik jangan bertaruh (gambling itu dosa .. xixixixi ).

Untuk investasi dalam jumlah uang yang tidak sedikit lebih baik membeli burung dengan mutasi yang jelas, jikalau hendak membeli lovebird violet fischeri ya belilah burung yang ciri ciri fischerinya tampak jelas, personata pun demikian carilah lovebird violet yang marking personatanya tampak jelas.

Seperti pengalaman saudara kita di dunia nyata, Colek mas Bijaks-Ana :

anak-vio-sable-head


Selengkapnya tentang sejarah dan asal muasal lovebird sable head dapat dibaca dalam artikel apa itu lovebird sable.



Lovebird Violet DF


gambar-lovebird-violet-DF

Saat berbicara DF dan SF, maka kita sedang membicarakan istilah genetika lovebird. Terlebih dahulu Anda harus menguasai genetika lovebird dasar yang bisa dibaca dalam artikel : mutasi warna lovebird

Lovebird Violet DF adalah singkatan untuk Lovebird Violet Double Faktor, yaitu burung lovebird yang dalam tubuhnya membawa 2 buah violet faktor.

Sedangkan lovebird violet SF adalah singkatan untuk Lovebird Violet Single Faktor, yaitu burung lovebird yang dalam tubuhnya hanya membawa 1 buah violet faktor.

Lalu apa itu DDF? sering kita mendengar atau membaca istilah lovebird Vio DDF dalam forum jual beli facebook.

Violet DDF atau biasa ditulis Loveird Vio DDF adalah kepanjangan dari Lovebird Dikit Dikit Fio, itu adalah istilah yang teramat salah untuk menggambarkan sebuah mutasi violet gelap. Jadi vio DDF itu hanya ada di dunia bakul.

Bila lovebird violet ada 2 jenis yaitu Violet SF dan Violet DF maka bagaimana perbedaan kedua mutasi tersebut?


Perbedaan Violet SF dengan Violet DF


Tidak sepenuhnya benar bahwa single faktor dan double faktor bisa dibedakan dengan cara melihat penampilannya secara kasat mata.

Cara paling tepat untuk membedakan lovebird violet SF dengan violet DF adalah melalui bloodline (garis perkawinan).

Lovebird Violet DF (double faktor) apabila dikawinkan dengan lovebird apapun maka anaknya 100% adalah violet (catatan: non ino, pastel, dec, Double dark agar visul violetnya dapat terlihat).

Sedangkan anak dari hasil perkawinan lovebird violet SF (single faktor) dengan non violet menghasilkan 50% anakan violet dan 50% anakan non violet.

gambar-lovebird-violet-df

Dari contoh gambar burung lovebird violet diatas warna ungu terlihat sangat jelas, namun bisakah kita memastikan bahwa burung tersebut adalah lovebird violet Double Faktor?

Belum tentu, jaminannya adalah setelah burung lovebird tersebut memiliki keturunan seperti penjelasan diatas (Hati hati menjual violet DF mulai saat ini, karena Anda sudah tau ilmunya, jangan lagi ada penipuan SF dan DF)



Cara Mencetak Lovebird Violet


Untuk mencetak mutasi violet dalam lovebird, maka kita harus memiliki bahan indukan yang keduanya atau salah satunya membawa faktor violet.

Contoh (asumsi semuanya SF) :

*) Saya memiliki dana 3 juta rupiah, maka saya akan mencetak lovebird violet dengan indukan lovebird violet Fischeri dua duanya :

Vio FC vs Vio FC :

cara-mencetak-lovebird-violet

Dengan formula ini, maka prosentase keluar anakan lovebird violet adalah sebesar 75% (50%+25%)

Keuntungan penggunaan metode ini adalah kita bis menghasilkan Lovebird Violet Double faktor (Violet double faktor hanya bisa keluar apabila kedua indukannya masing masing memiliki faktor violet)



**) Saya memiliki dana 2 juta rupiah, maka saya akan mencetak lovebird violet dengan indukan lovebird Violet FC vs Blu FC

Vio Fc vs Blue FC (kobal) :

cara-cetak-lovebird-violet

Dengan formula ini, maka prosentase keluar anakan lovebird violet adalah sebesar 50%

Dibandingkan dengan metode sebelumnya, keuntungan penggunaan metode perkawinan lovebird violet dengan non violet adalah dari segi modal yang tidak terlalu besar namun hasilnya optimal.



***) Saya memiliki dana 1 juta rupiah, maka saya akan mencetak lovebird violet dengan indukan lovebird Pastel Violet FC vs Blu FC :

Pasvio FC vs Blue FC (kobal) :
cara-mencetak-vio-fc

Dengan formula ini prosentase keluar anakan lovebird violet adalah sebesar 50%

Bila diperhatikan lebih detail, prosentasie cara 2 dan cara 3 adalah sama, yaitu 50%

Lalu buat apa saya keluar dana 2 juta kalau 1 juta saja sudah bisa mencetak lovebird violet Fischeri?

Untuk jangka pendek (menghasilkan lovebird violet untuk langsung dijual) mungkin menguntungkan, Namun dalam rentang waktu yang panjang (untuk terus dikembang biakkan) metode ini kurang bagus, dikarenakan seluruh anakan yang dihasilkan membawa split pastel.

Metode lain menghasilkan lovebird violet adalah dengan mengawinkan edge vio, pied vio, DEC vio, violet mauve, dll. Ulasan selengkapnya cara menghasilkan lovebird violet dapatdisimak lebih lanjut dalam artikel Cara Mencetak Lovebird Violet Paket Hemat.

Mohon maaf kalau beberapa halaman masih kosong....... Dowoo...pegel rek ngetik e.... Bersambuuuung ke bagian II

Penulis : SplitAviary

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses