Jumat, 12 Oktober 2018

Sangkar Lovebird Kapsul Fungsinya dalam Ternak Lovebird

Sangkar kapsul untuk burung lovebird beraneka macam bentuknya, masing masing memiliki fungsi yang berbeda serta ada kelebihan dan kekurangannya.

Memperhatikan hal detail akan sangat berguna di kemudian hari, jadi' jangan asal memilih sangkar kapsul untuk burung lovebird yang kita pelihara.

Di Indonesia sendiri sangkar kapsul yang menjadi pilihan favorit para kicau mania adalah sangkar kapsul merk Octagon, Ebood, Boom, Top, dan Best.

Bentuknya seperti gambar berikut ini :

sangkar-lovebird-kapsul




Sangkar Kapsul Lovebird


Tidak boleh asal dalam memilih bentuk sangkar kapsul untuk burung lovebird seperti telah dijelaskan sebelumnya, kriteria yang harus dipenuhi diantaranya adalah :

  1. Terbuat dari besi
  2. Tebok Harus Bisa Dilepas
  3. Pintu Harus Berada di Tengah
  4. Memiliki Angsang Besi di bagian Bawah
  5. Ada Tempat Menaruh Minyak / Anti Semut

Lebih jauh fungsinya dapat dijelaskan sebagai berikut :


Sangkar Besi Untuk Lovebird


Sangkar lovebird harus terbuat dari bahan besi atau galvalum, hindari menggunakan sangkar yang terbuat dari bahan kayu atau bambu.

Hal ini dikarenakan lovebird mampu mematahkan bahan kayu atau bambu dengan paruh bengkoknya yang tajam.



Memiliki Tebok Yang Bisa Dilepas


Tebok adalah bagian bawah sangkar yang biasanya berasal dari plastik atau kayu yang fungsinya adalah untuk menampung kotoran burung lovebird.

Ada beberapa bentuk tebok, namun dianjurkan untuk menggunakan tebok yang bisa dilepas (bongkar pasang), sebab lebih mudah dibersihkan sehingga meminimalisir penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang berasal dari kotoran.

tebok-lovebird

tebok-rumit



Pintu Sangkar Harus Di Tengah


Dianjurkan untuk menggunakan pintu sangkar yang letaknya di tengah, bukan dibawah.

Hal ini dikarenakan jangkauan untuk meraih burung apabila kita hendak memegang / menangkap lebih dekat bila dibandingkan dengan sangkar lovebird pintu di bawah.

Fungsi lainnya adalah burung lovebird tidak mudah lepas dikarenakan burung lovebird lebih sering beraktivitas di bagian atas sangkar dan di bagian dasar sangkar.

pintu-kandang-lovebird



Angsang Besi


Angsang besi adalah penahan bagian bawah sangkar burung lovebird. Biasanya angsang sudah termasuk dalam paket pembelian sangkar burung lovebird, namun bila sangkar belum memiliki angsang ada baiknya dibelikan.

angsang-sangkar-kapsul

Tempat Minyak / Jebakan Semut


Semut sangat suka dengan biji bijian dan remah remah sisa makanan lovebird.

Keberadaan semut memang tidak menyebabkan kematian karena semut tidak menggigit burung lovebird, namun jumlah semut yang lumayan banyak di sangkar dapat menyebabkan burung lovebird menjadi tidak nyaman.

Tempat minyak di bagian atas sangkar bisa sangat membantu dalam hal ini. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan stempet di bagian tersebut.

Bila Anda tidak memiliki stempet maka ikatkan kain di bagian tersebut kemudian basahi kain dengan oli / minyak tanah.



Aksesoris Lain


aksesoris-kandang-kapsul

Beberapa Aksesoris yang harus dibeli untuk melengkapi sangkar kapsul lovebird diantaranya adalah :

Kabel Ties


Setelah membeli sangkar kapsul, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengikat semua bagian sambungan pada sangkar burung dengan kabel teis.

Hal ini dilakukan untuk mencegah sangkar kapsul terbuka dengan tidak sengaja karena jatuh atau mengalami benturan yang kuat.

Kunci Kandang


Kunci kandang fungsinya adalah agar burung lovebird tidak dapat membuka pintu sangkar. Lovebird termasuk burung yang cerdas karena dia mampu membuka pintu sangkar (Kunci Kandang lah jawabannya).

Kerodong Lovebird


Kerodong lovebird terbuat dari kain, fungsinya adalah untuk menutup sangkar kapsul agar burung lovebird tidak dapat melihat keluar.

Saat kita sering membawa / memindahkan lovebird maka kerodong dapat mencegah burung menjadi stres karena perubahan pemandangan di luar sangkar (dibawa di motor, di bawa di gantangan, dll)

Selain itu penggunaan kerodong dapat meniru kondisi malam hari (gelap) sehingga kita bisa membuat burung lovebird tertidur bila diperlukan.



Fungsi Sangkar Kapsul Untuk Ternak Lovebird


Dalam artikel memahami proses bisnis peternakan lovebird, Kami menyarankan untuk membeli 2 buah sangkar kapsul.... dan hal ini tentunya bukan tanpa alasan.

Sangkar kapsul memang dapat langsung digunakan sebagai kandang ternak, namun hal tersebut tidak direkomendasikan karena terlalu sempit.

Berikut ini adalah fungsi sangkar kapsul dalam ternak lovebird :
  1. Sangkar Kapsul Sebagai Tempat Isolasi dan perlakuan khusus
  2. Sangkar Sebagai Kandang Perjodohan
  3. Sangkar Kapsul Untuk Menaruh Anakan


Sangkar Kapsul Lovebird Untuk Isolasi / Perlakuan Khusus


Sangkar kapsul bentuknya ideal untuk dibawa dan dipindahkan, oleh karenanya sangat cocok digunakan sebagai tempat isolasi atau tempat perlakuan khusus :

  • Saat baru saja membeli burung lovebird, maka burung harus di isolasi dan tidak boleh berinteraksi dengan burung lain selama kurang lebih 1 minggu untuk memastikan bahwa burung tersebut tidak sakit.

    Tempatkan burung di sangkar kapsul dan gantung selama 1 minggu jauh dari peternakan untuk pengamatan.

  • Saat burung di kandang peternakan ada yang sakit / kurus.

    Pisahkan burung yang sakit dan masukkan ke dalam sangkar kapsul untuk tidankan pencegahan dan pengobatan.

  • Saat burung perlu birahi.

    Saat dibutuhkan perlakuan khusus seperti menaikkan birai salah satu burung maka tempatkan burung di kandang kapsul kemudian dimandikan, dijemur, dan dikerodong selama dibutuhkan.

  • Dll


Sangkar Kapsul Untuk Kandang Perjodohan.


Seperti dijelaskan sebelumnya dalam artikel Makanan Lovebird Ternak agar cepat birahi, agar tidak ada kesalahan teknis dalam menjodohkan burung lovebird yang wajib dipenuhi adalah :

  1. Jantan dan betina berumur diatas 1 Tahun (Wajib)
  2. Pasangan tersebut 100% adalah pasangan Jantan dan betina (bukan sesama betina atau sesama jantan)
Tidak perlu repot repot mencari tahu cara menjodohkan lovebird yang belum cukup umur (5 bulan - 10 bulan). Berdasarkan pengalaman kami, hal itu banyak sisi buruknya dan tentunya buang buang waktu dengan hasil yang tidak maksimal. Memang bisa, tapi buat apa kalau toh tidak maksimal produksinya?

Bila pasangan lovebird memang sudah cukup umur dan siap produksi dan telah memenuhi kriteria diatas, agar perjodohan berjalan mulus maka caranya adalah :
  • Masukkan burung lovebird ke dalam sangkar kapsul yang berbeda.
  • Letakkan sangkar berdampingan agar burung lovebird bisa berinteraksi.
  • Disendirikan (usahakan agar tidak ada burung lain yang terlihat)
  • Lakukan selama 2 minggu
  • Ndak usah ngeyel..... minimal 2 minggu jangan kurang !!!

Setelah masa perjodohan selesai (2 minggu) satukan kedua burung lovebird kedalam sangkar kotak (kandang produksi) tanpa glodok. Jangan masukkan glodok terlebih dahulu.

Amati apakah burung lovebird sudah berjodoh, Kalau sudah maka 1 minggu kemudian baru dimasukkan glodok kedalam sangkar produksi, hal ini untuk menghindari terjadi pembantaian didalam glodok (ingat 1 minggu kemudian baru glodok boleh masuk, jangan ngeyel)



Sangkar Kapsul Untuk Tempat Anakan


Tidak ada ruginya memiliki sangkar kapsul lebih, pada saatnya nanti kita pasti membutuhkan sangkar untuk menampung hasil produksi.

So . .. . .  beli sangkar kapsul 2 Biji...ok?

Semoga dengan hadirnya lovebirdindonesia.com para penghobi lovebird semakin giat bertukar informasi...salam sukses